Beda Drupal dan Joomla

1 07 2010

 

DRUPAL VS JOOMLA

Perbedaan Joomla 1.0 dan Drupal 5. Tak terasa sudah penghujung akhir tahun 2009 akan kita lalui dan Drupal sudah 7 versi beta/ dev-nya, sedangkan Joomla 1.6 sudah ada versi alpha-nya. Namun kali ini saya akan tuliskan versi stabil dari Joomla 1.5 dan Drupal 6 yang sampai sekarang pun.

  • Joomla masih lebih user-friendly dengan para developer yang komersial dan non-komersial yang terus aktif berkarya dan dengan dukungan banyaknya komunitas web-designer yang bervariasi stylenya.
  • Drupal masih lebih fleksibel dan dukungan para developer non-komersial yang lebih koherensi/se-prinsip dan komunitasnya yang terus menambah secara stabil.

Adapun perbedaan yang dituliskan tidak berarti yang satu lebih baik dari yang lain, namun masing-masing lebih baik untuk beberapa tujuannya.

Joomla 1.5 and Drupal 6

  Drupal  Joomla 
Content Management Luar biasa. Hal ini dibuktikan dengan pemakaian level kategori, tag dan kategorisasi yang tidak terbatas. Anda juga dapat membuat beberapa jenis konten, masing-masing dengan fitur yang berbeda. Lemah dan kaku. Hanya ada tiga tingkat konten – Section >> Category >> Content. Untuk lebih fleksibel harus menginstal Content Construction Kit.
WYSIWYG Editors Yang dipermasalahkan adalah tidak adanya Default editor. Sehingga harus menginstal modul tambahan untuk WYSIWYG. Membutuhkan pengetahuan tag HTML. TinyMCE sebagai default. Namun sejak versi 1.5.12, Fitur Editor lebih sedikit, seperti dihapusnya fitur pembuatan tabel dan desain font. Membutuhkan pengetahuan tag HTML.
Fitur Komunitas Masih mempunyai peluang dan kemampuan besar untuk membangun web komunitas yang kuat. Dikuasai oleh 2 Extension Komunitas yaitu Community Builder (yang free tapi miskin fitur) dan JomSocial (komersiil tapi ampuh)
Template / Themes Masih sedikit para developer desain komersial dan kreatif. Kebanyakan hanya memodifikasi dari template dasar yang sudah ada Jauh lebih banyak dukungan dari para developer desain komersial maupun non-komersial
User Permissions/

Hak Akses user

Variasi lebih baik dari Joomla, karna tak terbatas hak akses yang dapat dibuat dan hampir semua inti Drupal dapat dikustomisasi dalam waktu singkat. Hanya 3 bagian utama, seperti Hak akses Public, Registered, Special dan hanya bisa mengkustomisasi kontrol artikel, extension dan menu.
Shopping Cart Masih membutuhkan resource luar. Yang paling diandalkan: Integrasi dengan Ubercart, namun jauh lebih ampuh dari Virtuemart Dengan monopoli dari Virtuemart yang kelihatannya ampuh, namun banyak bug dan tampilan yang membingungkan.
SEO Ampuh. Drupal sudah menyediakan fasilitas link user friendly. Bahkan dengan add-on Pathauto yang ringan, Drupal pilihan terbaik buat SEO. Masih dibilang terbatas dan kaku untuk SEO. Anda harus membeli komponen komersiil seperti JoomSEF dan Sh4SEF untuk menangani link user-friendly virtuemart dan komponen kompleks lainnya.
Forums Fitur yang standar, tapi ringan dan sederhana, namun berkesan modern. Tersedia forum free namun kaku dan miskin, serta komersial.
Multimedia Mungkin masih dalam perkembangan ke depan, akan terintegrasi. Sementara ini, harus menambah modul tambahan. Tapi modul yang ada sangat mendukung daripada Joomla. Ampuh, karna WYSIWYG editor milik Joomla sudah terintegasi dengan mutimedia.
Photo Galleries Mungkin masih dalam perkembangan ke depan, Drupal akan terintegrasi. Sementara ini, harus menambah modul tambahan. Hmm.lebih baik karna beragam varian free dan komersial-nya, tapi dapat saya bilang masih kaku dan membingungkan untuk beberapa komponen.
Event Calendars Modul yang tersedia masih sedikit. Modul yang tersedia jauh lebih banyak, namun untuk ampuhnya, harus beli yang komersial.
Document Management/

Download

Mungkin masih dalam perkembangan ke depan. Docman adalah salah satu extension komponen yang ampuh.
Blogs Sudah ada, walaupun tidak seperti WordPress. Sudah ada dan sudah bisa menyerupai WordPress.
Internationalization/ Multibahasa Dua jempol buat Drupal Lagi-lagi Joomla merepotkan. Walaupun dengan komponen Joomfish, tetap saja tidak mudah mempelajarinya. Nooku adalah pilihan terbaik namun komersial.
Standarisasi antara CMS dan Themes Lebih baik daripada Joomla Masing-masing developer themes mempunyai styles sendiri-sendiri yang malah memberatkan CMS.
Multisites Management Lebih baik daripada Joomla Plin plan, banyak bug dan lebih mahal untuk penambahan extension komponen.
Ease-of-use/ Kemudahan penggunaan Sistem masih membingungkan orang awam. Tampilan admin dan fungsi Help masih didominasi berupa tulisan dan bukan gambar. Masih butuh penguasaan HTML dan PHP Joomla terkenal dengan Tampilan yang menarik, termasuk juga halaman admin, walaupun dapat saya bilang ada kejanggalan dalam tampilannya. Anda tidak butuh penguasaan skill PHP
Documentation/ Help Banyak kita temukan melalui forum, komunitas di dunia maya. Banyak support dari komunitas Drupal Indonesia. Lebih banyak dari Drupal, termasuk juga variasi buku yang dijual di toko-toko buku besar di Indonesia
Tujuan akhir penciptaan CMS Lebih cepat versi yang diupgrade daripada Joomla. Fleksibel, ampuh dan bukan kemudahan penggunaan. Joomla merancang sistem yaitu mudah untuk digunakan.
Pengaruh Budaya Eropa, Procedural Amerika, Object Oriented Programming
Marketplace Module and Extensions One problem= One solution. Misal: modul multimedia, hanya ada 1 link yang tersedia, dan itu pasti beres dan ampuh, tapi tidak ada variasi pilihan lain. Many solutions can be do, but not all is great. Misal: Modul multimedia, begitu banyak variasi komponen yang diberikan dari para developer, namun kitalah yang harus memilih yang terbaik.
Kerja Keras Admin yang awam Webmaster harus memberikan waktu tatap muka lebih banyak untuk mengajar sistem Drupal bagi admin tersebut.😀 Webmaster cukup memberikan modul bergambar kepada admin, tanpa perlu tatap muka.😀

*Sumber Metadesain.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: